Hamas membebaskan 11 tawanan lagi dari Gaza, kata tentara Israel

Pembebasan dilakukan setelah mediator Qatar mengatakan gencatan senjata Israel-Hamas di Gaza diperpanjang dua hari.

 

Hamas membebaskan 11 tawanan lagi dari Gaza, kata tentara Israel
Seorang pria Palestina berjalan melewati kehancuran di Kota Gaza pada 27 November 2023 [Mohammed Hajjar/AP Photo]

Militer Israel mengatakan 11 sandera telah dibebaskan oleh kelompok bersenjata Palestina Hamas dan sedang dalam perjalanan ke Israel, yang terbaru dari serangkaian pertukaran selama jeda kemanusiaan selama empat hari.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Palang Merah, 11 sandera saat ini sedang dalam perjalanan menuju wilayah Israel, kata militer Israel dalam pernyataannya, Senin.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, yang memainkan peran penting dalam upaya mediasi , mengatakan mereka yang dibebaskan adalah enam warga Argentina, tiga warga negara Prancis, dan dua warga Jerman.

Pembebasan para sandera, sebagian dari sekitar 240 orang yang ditawan oleh Hamas dalam serangan mematikan di Israel selatan pada 7 Oktober, terjadi setelah Qatar dan Hamas mengatakan bahwa kesepakatan telah dicapai untuk memperpanjang gencatan senjata awal selama empat hari .

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan pada hari Senin bahwa Israel dan Hamas telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata mereka selama dua hari tambahan, menawarkan kelonggaran yang sangat dibutuhkan bagi warga Palestina di Gaza, yang telah kelelahan selama berminggu-minggu akibat pemboman Israel yang tiada henti, dan harapan bagi warga Israel untuk melakukan hal yang sama. orang-orang terkasih yang ditawan yang mereka harap dapat dilihat kembali ke rumah .

BACA JUGA   Pengertian Isra' Miraj dalam Islam

Selama beberapa hari terakhir, kelompok Palestina di Gaza telah membebaskan tawanan mereka dengan imbalan pembebasan warga Palestina yang ditahan di penjara Israel , banyak di antaranya adalah wanita dan anak-anak yang ditahan tanpa diadili.

Israel mengatakan bahwa mereka akan memperpanjang gencatan senjata satu hari untuk setiap 10 sandera yang dibebaskan, dan Hamas mengatakan mereka telah menyetujui perpanjangan gencatan senjata dengan “persyaratan yang sama” seperti kesepakatan awal.

Penghentian pertempuran juga memungkinkan peningkatan pengiriman bantuan ke Jalur Gaza, di mana serangan dan pengepungan Israel yang tiada henti terhadap wilayah tersebut telah menciptakan krisis kemanusiaan yang mengerikan.

SUMBER AL JAZEERA DAN KANTOR BERITA


Leave a Comment