Gencatan senjata di Gaza tampaknya akan diperpanjang seiring Israel menerima daftar tawanan baru

Gencatan senjata dalam perang Israel-Hamas tampaknya akan berlanjut hingga hari kelima ketika kedua belah pihak menyelesaikan pembebasan tawanan mereka yang keempat dari Gaza dengan imbalan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel berdasarkan perjanjian gencatan senjata yang semula berdurasi empat hari, sementara para mediator mengatakan proses tersebut akan berakhir. melanjutkan .

Qatar, yang bersama dengan Mesir telah memfasilitasi pembicaraan tidak langsung antara Israel dan Hamas, mengatakan bahwa ada kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata selama dua hari dari empat hari yang seharusnya berakhir pada hari Senin.

“Kami memiliki perpanjangan… dua hari lagi,” kata Duta Besar Qatar untuk PBB Alya Ahmed Saif Al-Thani kepada wartawan setelah pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB pada hari Senin, mengatakan kedua belah pihak akan membebaskan lebih banyak orang.

“Ini adalah langkah yang sangat positif,” kata Al-Thani.

Meskipun pemerintah Israel belum secara resmi mengkonfirmasi perpanjangan gencatan senjata pada Selasa pagi, Radio Angkatan Darat Israel, mengutip kantor perdana menteri, melaporkan bahwa daftar tawanan baru – yang diperkirakan akan dibebaskan pada hari itu juga – telah diterima. .

Israel mengatakan akan memperpanjang gencatan senjata satu hari untuk setiap 10 tawanan tambahan yang dibebaskan oleh Hamas.

Situs berita lokal Axios melaporkan daftar terbaru berisi nama 10 tawanan Israel. Belum ada komentar langsung dari kantor perdana menteri Israel.

Israel pada hari Senin mengatakan 11 warga Israel telah dipulangkan ke negaranya dari Jalur Gaza, sehingga jumlah total tawanan Israel dan warga asing yang dibebaskan oleh Hamas sejak Jumat berdasarkan gencatan senjata menjadi 69 orang.

Layanan Penjara Israel mengatakan 33 tahanan Palestina juga dibebaskan pada hari Senin dari penjara Ofer Israel di Tepi Barat dan dari pusat penahanan di Yerusalem, sehingga jumlah total warga Palestina yang telah dibebaskan sejak hari Jumat menjadi 150 orang.

BACA JUGA   Pengertian Isra' Miraj dalam Islam

Para tahanan Palestina yang dibebaskan disambut dengan sorak sorai saat bus Palang Merah yang mereka tumpangi melewati jalan-jalan Ramallah di Tepi Barat yang diduduki.

Perjanjian gencatan senjata awal juga mengizinkan lebih banyak truk bantuan masuk ke Gaza, di mana penduduk sipil menghadapi kekurangan makanan, bahan bakar, air minum dan obat-obatan.

Meskipun menggambarkan perpanjangan gencatan senjata sebagai “secercah harapan dan kemanusiaan”, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan dua hari lagi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bantuan Gaza.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA) mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Senin bahwa jeda permusuhan selama empat hari telah memungkinkan kelompok bantuan kemanusiaan, khususnya pekerja Bulan Sabit Merah, untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang sangat membutuhkan di seluruh Gaza dimana terdapat 1,8 juta jiwa . orang-orang menjadi pengungsi internal.

 

Warga Palestina berjalan di antara puing-puing rumah yang hancur akibat serangan Israel di kamp pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza selatan pada 27 November 2023 [Mohammed Salem/Reuters]

 

Lebih dari 14.800 orang telah terbunuh di Gaza – termasuk sekitar 10.000 wanita dan anak-anak – sejak Israel melancarkan serangannya ke daerah kantong Palestina menyusul serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Pengeboman hebat yang dilakukan Israel di Jalur Gaza yang padat penduduknya juga telah mengakibatkan 46.000 rumah hancur dan lebih dari 234.000 rumah rusak – sekitar 60 persen dari seluruh persediaan perumahan di Gaza, kata PBB dalam laporan tersebut.

Meskipun ada perpanjangan gencatan senjata selama dua hari tambahan, Israel tetap berkomitmen untuk menghancurkan Hamas secara militer dan telah memperingatkan bahwa perangnya terhadap Gaza akan dilanjutkan.

Dimulainya kembali serangan kemungkinan akan membuat pasukan Israel memperluas serangan udara, darat dan laut mereka dari Gaza utara yang hancur ke selatan wilayah kantong tersebut di mana ratusan ribu warga Palestina telah melarikan diri untuk mencari perlindungan.

BACA JUGA   Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023

Leave a Comment